Tuesday, May 16, 2006

mana blog mu...?


Entah kenapa akhir-akhir ini teman-teman di sekitar saya sedang senang membicarakan tentang blog. Gejalanya dimulai ketika saya mendapatkan 3 pertanyaan dalam 3 hari yang menanyakan mana blog saya.. kemudian salah satu teman seangkatan saya membuat situs agrgeator untuk blog angkatan kami..

Hmm.. apakah teman2 saya (sebenarnya termasuk saya) baru tertular gejala demam blog? Jika iya agak aneh juga karena fenomena blog udah agak cukup lama dan biasanya teman-teman saya adalah early adopter dalam hal teknologi Informasi, bahkan virus pun biasanya dapat duluan.. namun untuk virus blog nampaknya agak terlambat datang...kenapa ya? entahlah..

Terlepas dari fenomena blog yang terlambat datang pada kami.. mari bicara mengenai "Apa enaknya blog?". Blog merupakan suatu fenomena yang kuat bagi dunia ini sampai-sampai perusahaan besar semacam google, yahoo, SUN dan MS memiliki situs2 blog (minimal untuk karyawannya) walau fenomena yang begitu kuat ini ada yang sempat menanggap hanya fenomena sementara. Inti dari kesuksesan blog menurut saya dapat disimpulkan dalam kalimat : ekspresikan hatimu dengan kata-kata dan biarkan orang seluruh dunia melihatnya dengan cara yang mudah dan simpel (ternyata kalimat saya panjang juga ya...). Begitulah siapa pun bisa menulis apa yang diinginkannya dan tampilkan dalam suatu web terus bisa deh dilihat oleh orang-orang. Caranya mudah tinggal daftar ke situs blog kemudian tinggal klak-klik jadilah situs blog anda, ya bikin web biasa tapi gak perlu ngurusin HTML, DB dll :)

Mari kita tinjau lagi kekuatan blog... apa yang telah blog lakukan pada dunia ini? Ini adalah bebrapa contohnya..
1. Blog bisa menjadi semacam situs yang sering dikunjungi orang, contohnya adalah blog sinema-indonesa dan polisi EYD. Mereka menjadi acuan banyak orang untuk bidangnya masing-masing, bahkan sinema-indonesia akhirnya membuat situs sendiri karena blognya begitu populer
2. Sudah tidak terhitung orang-orang yang dipecat karena membocorkan rahasia perusahaan di blog. Bahkan masih mending dipecat kalo di china mungkin ada yang dipenjara gara-gara blog...
Kekuatan yang hebat juga ya...

Dari fenomena blog ini tentu saya juga ingin terlibat tapi ada satu hal yang menggangu saya.. yaitu konsistensi dalam membuat posting di blog... betapa susahnya jika tidak terbiasa menulis sering kali malas atau bahkan gak tahu apa yang harus ditulis... makanya jangan heran jika di blog kok membicarakan blog (senada dengan iklan jeruk makan jeruk kan?) karena keputusan menulis topik blog ini saya buat karena sedang bingung apa yang harus saya tulis...duh...

1 comment:

Anonymous said...

blog..oh yess about blog :)

pada saya blog satu tempat pengisian cerita yg berbeza..apa saja akan boleh disampaikan dgn berlainan maksud.

blog untuk saya adalah tempat saya berbagi rasa, tempat untuk meluah kata..sku gembira kerana dapat berkongsi cerita,dan mengajak untuk sama-sama peka dan sensitif terhadap perasaan manusia dan kehidupan.

terlalu banyak yang kita boleh pelajari dari liku-liku kehidupan seorang manusia itu...walaupun saat kita memandang langit adalah berbeza,tetapi kita tetap di bawah langit yang sama.


walaupun pengalaman,kepahitan dan kemanisan yang kita lalui bukannya serupa...tetapi kita semua manusia yang diciptakan oleh Tuhan,yang punya hati dan perasaan,untuk sama-sama mengerti,mengingatkan di antara satu sama lain,kenapa,untuk apa kita berada di sini,di dunia ini..

Saya mungkin temanmu yg kamu ga bisa kenali di dunia realiti tapi inilah saya yg kamu kenali sbg lilsy..

btw, saya suka membaca blog kamu heru :)

apa pun,ingatan dari kejauhan dan kata-kata yang mencuit hati sudah cukup buat kita rasa dihargai ..iya kan??

lilsy (http://lilsy.blogdrive.com)