Sunday, May 07, 2006

WW II(<> World War II, == Web War II)

Beberapa hari lalu saya mendaftar ke situs hotmail, iseng saja sebenarnya sama ingin mendapatkan microsoft passport. Dari pendaftaran tersebut saya ketahui adanya proyek live.com dari microsoft yang intinya proyek besar-besaran untuk meningkatkan kekuatan dari jajaran produk Microsoft yang berbasis web, seperti search engine yang menjadi live.com, webmail live.com dll. Dari hal tersebut akhirnya saya sadar bahwa saat ini terjadi WW II (baca:Web War ke II).

Web War ke I menurut pengamatan saya terjadi beberapa tahun lalu (1996-2000-an kali ya...) ketika Microsoft (Hotmial dan MSN), AOL dan Lycos bertempur dengan Yahoo dijajaran web mail dan search engine, serta bebrapa pemain yang hanya bertarung di satu sektor saja (mail city di jajaran webmail, altavista dan askjeeves di jajaran search engine). Hasil terakhir hanya menyisakan Microsoft, Yahoo dan AOL sebagai pemenang (Walau saya enggan mengakui AOL sebagai pemenang karena hanya memiliki impact ke pengguna Amerika saja), sedangkan pemain lain sukses tenggelam dalam keadaan hidup tak menentu mati pun tak mau:D

Tak lama perang usai muncul kekuatan baru yaitu google, ibaratnya dalam perang dunia II google adalah Jerman atau Jepang. Google dengan keberhasilan luar biasa pada sektor search engine, yang membuat pemenang perang sebelumnya Yahoo dan Microsoft kalah telak di sektor ini, mulai memperluas lini produknya ke webmail pada 1 April 2004 dengan nama gmail. Gmail tersebut bagai serangan Jerman ke Austria yang menyebabkan Perang Dunia II di Eropa (semoga sejarah saya gak salah). Serangan tersebut begitu dahsyat karena dengan gembor-gembor utama adalah email 1 GB, padahal saat itu rata2 email gratis 2 MB dan berbayar 25MB! Siapa yang jadi Eropa? Tentu saja Yahoo, mereka bereaksi cepat dengan menaikkan kapasitas jadi 250MB lalu beberapa saat kemudian 1GB (karena pada saat sama google menawarkan 2GB lebih).

Setelah perang yahoo dan google memulai, berikutnya apa yang terjadi di PDII? ya terjadinya perang pasifik! Google gak puas menjadi Jerman, dia menjadi sekaligus Jepang dengan menyerang Pearl Harbour (baca: AOL) sehingga pihak US (baca: Microsoft) kebakaran jenggot. Serangan apa yang dilakukan google? selain serangan gmail, mereka membuat perjanjian dengan AOL untuk merubah search engine dari MSN, ke Google plus pembelian sebagian saham AOL. Hal ini membuat microsoft yang tenang-tenang saja (baca: masih menawarkan e-mail kapasitas hanya 2MB sampai sekarang di Hotmail!!) membangun project Live.com yang berharap jadi bom nuklir untuk perang kali ini.

Lalu gimana situasi kekuatan saat ini? Dari sektor Webmail semuanya udah hampir mengeluarkan senjata pamungkasnya. Saat ini sudah tidak membicarakan kapsitas lagi karena kapasitas dianggap sudah lebih dari cukup, saat ini masalah tampilan dan interaksi. Berikut kekuatan di sektor webmail:
- Gmail dari Google, tampilan masih bergaya standar, namun menawarkan inovasi dalam membaca webmail yaitu dengan sistem conversation (yang membuat anda seakan baca forum) dan sistem label (memberi label dari pada memindahkan ke folder). Ditambah dengan diberikannya POP3 dan kecepatan yang cepat dengan teknologi AJAX (simplenya penggunaan Enhanced JavaScript). Namun sampai saat ini statusnya beta dan harus menerima undangan untuk masuk. Oh ya saat ini sudah integrasi dengan Google Talk.
- Yahoo Mail Beta, Untuk interaksi email sama saja dengan Yahoo Mail sebelumnya. Perbedaan utama adalah dari sisi tampilan yang menawan seakan aplikasi desktop (mungkin mirip thunderbird) dan ada tab bar khusus sehingga baca mail bisa di tab tersebut. Hanya peningkatan tampilan dan masih terasa berat walau akses agak cepat dengan sistem AJAX.
- Mail Live.com dari Microsoft. Intinya sama tapi tampilan outlook dan bisa drag and drop email. Komentar saya tidak banyak komentar deh.

Sisi lain? search engine semuanya membeli algoritma baru, yahoo berbuat tidak banyak.. google memperluas di pencarian desktop dan pencarian selain text (video, book, sound, map dll).. Paling radikal adalah microsoft dengan meluncurkan live.com yang bagai membuang MSN dan dengan kemampuan AJAX dan cara interaksi yang benar2 baru membuat microsoft siap menantang Google yang kini menguasai pangsa pasar 45%-an. Hasil dari usaha microsoft cukup berhasil dengan membuat Amazon menendang google dan menggandeng Live.com untuk pencariannya. Pukulan pertama bagi google?

Bagaimana perkembangan selanjutnya? kita lihat saja invovasi-inovasi berikutnya, apalagi Google ada kemungkinan beratarung sendirian karena cukup santer kabar Microsoft mau bekerja sama dengan Yahoo dalam perang ini. Hmm.. kalo sampai saat ini saya adalah pengguna setia google karena terasa dia yang paling bagus..tapi gak tahu microsoft mulai bergerak walau menyebalkan microsoft seringkali membawa kemenangan ke mereka.... Pada akhirnya waktu pula yang menjawab...

No comments: