Monday, May 08, 2006

Merek China

Duh sial bener 3 hari ini... urusan dengan TV Tuner buatan china merepotkan :( .. 3 komputer d rumah dengan 3 kali ganti badan utamanya tidak berasil mendapatkan sinyal dari TV Tuner... bener2 kualitas yang diragukan... (Akhirnya masalah ini saya atasi dengan melakukan perjanjian tukar guling dengan orang Tokonya...).

Mari kita bicara tentang produk China... saat ini pertanyaannya apa produk China yang kualitasnya bagus? Kalo harga gak usah ditanya lagi deh luar biasa miring!!! tapi kualitas banyaknya memble :( rata-rata cepat sampai ke kuburan bernama tong sampah :|.

Namun setelah sekian lama mengamati emang gaya china dagang di Indo seperti itu kali ya? Rata-rata berumur pendek dan cepat sakit2an tapi harganya luar biasa miring ... Saya sering diceritain oleh bapak saya mengenai pabrik china di bidang HP dan Telekomunikasi. Di bidang HP ada merek yang dijual begitu murah (yang lain masih 1jt-an dia udah 800rb) tapi setelah barang2nya habis langsung pabriknya tutup, konsumen tidak ada satu pun yang bisa menklaim garansi :| kemudian di bidang telekomunikasi salah satu operator besar Indo membeli alat telekomunikasi dan dalam waktu yang super singkat barang2 banyak yang harus dirawat di rumah sakit.. bahkan sebagian di otopsi, kalo perlu kanibalisasi :| Gaya bener2 laba oriented.

Meskipun demikian saya berpikir memang tahap seperti itu harus dilalui untuk menjadi produsen yang handal.. gak percaya? buktinya Jepang tahun 60-an barang elektroniknya dianggap murahan tapi tahun 80-an sudah menjadi produsen utama (masih ingat dialog di Film Back to The Future 3? saat di tahun 60-an si prof saat itu bilang "pantes rusak make processor buatan Jepang", lalu di jawab Michel J. Fox yang dari tahun 80-an dengan "Kau bercanda? Barang Jepang adalah yang terbaik"). Kemudian barang korea pun sama, 5 tahun lalu saya diajak menemui Ibu Kost bapak saya waktu kul, beliau bilang "barang korea kok kayaknya gampang rusak ya..." tapi apa yang terjadi sekarang saya adalah salah satu konsumen barang korea dan percaya dengan kualitasnya!!

Well..akankah produk china akan mengikuti Jepang dan Korea? (lalu kapan Indonesia ya? rasanya jarang merek Indonesia, ada pun mahal dan sayangnya gak berkualitas juga:p)..ya lihat aja nanti deh.. saat ini saya hanya bisa bilang: waspadalah terhadap produk china karena harga murah bukan karena kesempatan tapi karena ada niat (menurunkan kualitas) ... (mirip gak ya dengan gaya bang napi:p)

No comments: