Tuesday, October 03, 2006

Kesempatan itu kadang hanya sekali...

Kemaren saat akan sholat saya melihat seorang pengemis mangkal di jalan... hati berkata ingin beramal, apalagi dalam nuansa ramadhan yang suci.. tapi berikutnya pikiran berkata 'nanti saja setelah selesai sholat...', akhirnya mengangguk terhadap pikiran..Lalu apa yang terjai? saat setelah selesai sholat sang 'target amal' pun sudah tidak berada di tempatnya...

Bertanya dalam hati 'sudah berapa kali ya, terjadi seperti ini?', kesampingkanlah dulu masalah baik atau buruk memberi pada pengemis, atau pemikiran sosial lainnya... kesampingkan juga alasan 'ini memang bukan rezki dia', pikirkan suatu kenyataan bahwa kita kehilangan satu kesempatan beramal.

Iya kesempatan beramal, kesempatan yang telah diberikan oleh Allah dengan mengetuk hati kita, kesempatan berharga itu hilang begitu saja karena terlena seolah waktu adalah milik kita, dan seolah makhluknya adalah kendali kita...padahal sesungguhnya kita tak memiliki kuasa itu, bahkan yang butuh amal adalah kita.. tapi ya itu kesempatan dibuang begitu saja.

Beginilah makhluk tidak punya daya dan upaya unutk mengendalikan suatu hal, karenanya belajarlah kesempatan itu hanya mungkin datang sekali saja...pertanyaannya benarkah kita bersungguh2 belajar?

No comments: